Pasar
Persaingan Monopolistik
•
Definisi Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik dapat didefinisikan
sebagai suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang
yang berbeda corak (differentiated products).
•
Karakteristik
Pasar Persaingan Monopolistik
–
Terdapat banyak produsen atau penjual.
Meskipun demikian, pasar ini tidak memiliki produsen atau penjual sebanyak
pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu pun produsen yang mempunyai skala
produksi yang lebih besar dari produsen lainnya.
–
Adanya Diferensiasi Produk. Pasar ini menawarkan produk yang cenderung sama,
namun memiliki perbedaan-perbedaan khusus dengan produk lainnya, misalnya dari
cara pengemasan, pelayanan yang diberikan dan cara pembayaran.
–
Produsen Dapat mempengaruhi harga.
Berbeda dengan Pasar Persaingan Sempurna, dimana harga terbentuk berdasarkan
mekanisme pasar, maka pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga meskipun
tidak sebesar pasar oligopoli dan monopoli.
–
Produsen dapat keluar masuk pasar.
Hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, saat produsen hanya sedikit di pasar
maka laba ekonomisnya cukup tinggi. Ketika produsen semakin banyak dan laba
ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi tidak menarik dan produsen dapat
meninggalkan pasar.
–
Promosi penjualan harus aktif. Pada
pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak jumlah konsumen, melainkan
kemampuan perusahaan menciptakan citra baik dimata konsumen, sehingga dapat
menimbulkan fanatisme terhadap produk. Karenanya, iklan dan promosi memiliki
peran penting dalam merebut dan mempertahankan konsumen.
· Pemaksimuman Keuntungan Jangka Pendek
Keseimbangan yang dicapai suatu perusahaan dalam pasar
persaingan monopolistiK adalah sama dengan keadaan keseimbangan dalam pasar
monopoli. Bedanya, dalam pasar persaingan monopoli yang dihadapi adalah
permintaan dari seluruh pasar, sedangkan dalam pasar persaingan monopolistik,
permintaan yang dihadapi perusahaan adalah sebagian dari keseluruhan permintaan
pasar.
· Contoh Soal
Diketahui fungsi permintaan perusahaan “Herlambang”
dalam pasar persaingan monopolistic adalah P
= 100 - 2Q. sedangkan fungsi biayanya adalah TC = 5 + 2Q. dalam hal ini p = tingkat harga, q = tingkat out put
dan TC = biaya total. Tentukan kombinasi harga dan tingkat produksi yag
memaksimumkan keuntungan perusahaan. Hitunglah laba yang diperoleh perusahaan.
Penyelesaian
P = 100
- 2Q
TR = PQ
TR =
(100 - 2Q2)
MR =
100 - 4Q
MC = 2
Syarat tercapainya laba maksimum adalah MR = MC
100 - 4Q = 2
4Q = 98
Q = 24,5
P = 100 - (2 x 24,5)
P = 51
π = PQ - TC
=
(51x24,5) – (5 + 2x24,5)
= 1195,5
ciyusss
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletemc = 2
ReplyDeletedidapat dr mana ya kak
This comment has been removed by the author.
DeleteKa itu mc=2 dapet darimana ya ka?
ReplyDeleteMC didapat ketika MC = TC'
DeleteTC = 5 + 2q
TC' = 2.
MC = TC'
MC = 2