Pages

Saturday, March 24, 2012

Pasar Persaingan Monopolistik


Pasar Persaingan Monopolistik

      Definisi Pasar Persaingan Monopolistik                   
Pasar persaingan monopolistik dapat didefinisikan sebagai suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (differentiated products).

      Karakteristik Pasar Persaingan Monopolistik
    Terdapat banyak produsen atau penjual. Meskipun demikian, pasar ini tidak memiliki produsen atau penjual sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu pun produsen yang mempunyai skala produksi yang lebih besar dari produsen lainnya.
    Adanya Diferensiasi Produk. Pasar ini menawarkan produk yang cenderung sama, namun memiliki perbedaan-perbedaan khusus dengan produk lainnya, misalnya dari cara pengemasan, pelayanan yang diberikan dan cara pembayaran.
    Produsen Dapat mempengaruhi harga. Berbeda dengan Pasar Persaingan Sempurna, dimana harga terbentuk berdasarkan mekanisme pasar, maka pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga meskipun tidak sebesar pasar oligopoli dan monopoli.
    Produsen dapat keluar masuk pasar. Hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, saat produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya cukup tinggi. Ketika produsen semakin banyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.
    Promosi penjualan harus aktif. Pada pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak jumlah konsumen, melainkan kemampuan perusahaan menciptakan citra baik dimata konsumen, sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk. Karenanya, iklan dan promosi memiliki peran penting dalam merebut dan mempertahankan konsumen.

·       Pemaksimuman Keuntungan Jangka Pendek

Keseimbangan yang dicapai suatu perusahaan dalam pasar persaingan monopolistiK adalah sama dengan keadaan keseimbangan dalam pasar monopoli. Bedanya, dalam pasar persaingan monopoli yang dihadapi adalah permintaan dari seluruh pasar, sedangkan dalam pasar persaingan monopolistik, permintaan yang dihadapi perusahaan adalah sebagian dari keseluruhan permintaan pasar.

·       Contoh Soal

Diketahui fungsi permintaan perusahaan “Herlambang” dalam pasar persaingan monopolistic adalah P = 100 - 2Q. sedangkan fungsi biayanya adalah TC = 5 + 2Q. dalam hal ini p = tingkat harga, q = tingkat out put dan TC = biaya total. Tentukan kombinasi harga dan tingkat produksi yag memaksimumkan keuntungan perusahaan. Hitunglah laba yang diperoleh perusahaan.

Penyelesaian
          P = 100 - 2Q
          TR = PQ
          TR = (100 - 2Q2)
          MR = 100 - 4Q
          MC = 2
Syarat tercapainya laba maksimum adalah MR = MC
100 - 4Q = 2
                    4Q = 98
                     Q = 24,5
                     P = 100 - (2 x 24,5)
                     P = 51

                     π = PQ - TC
                         = (51x24,5) – (5 + 2x24,5)
                         = 1195,5

6 comments: