Pages

Sunday, March 25, 2012

Pendekatan Praktis dalam Analisis Investasi


Beberapa Pendekatan Praktis dalam Analisis Investasi


Dalam menganalisis suatu proyek ada dua faktor penting yaitu penaksiran arus kas dan penentuan tingkat bunga. Apabila kita memasukan unsur risiko ke dalam tingkat bunga bukan berarti kita tidak perlu memperhatikan arus kas yang diharapkan. Untuk menaksir arus kas yang diharapkan perlu memperhatikan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi arus kas yang diharapkan. Modul ini akan membicarakan metode-metode analisis proyek dengan memperhatikan faktor-faktor penyebab ketidakpastian arus kas. Metode tersebut adalah analisis kepekaan, analisis pulang pokok dan analisis pohon keputusan.

Analisis Sensitivitas

Arus kas masuk bersih dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu (1) unit yang terjual, (2) harga jual per unit, (3) biaya tetap, (4) biaya variabel. Apabila salah satu faktor tersebut berubah maka arus kas yang diharapkan akan berubah. Analisis sensitivitas menganalisis apa yang terjadi pada NPV bila salah satu variabel berubah.

Misalkan PT WISTAWAN merencanakan investasi, yang ditaksir memerlukan dana Rp 5.000.000.000 (5 Milyar),  usia ekonomis 5 tahun. Metode penyusutan yang digunakan adalah metode penyusutan garis lurus tanpa niali sisa sehingga  beban penyusutan adalah Rp 1.000.000.000 setiap tahun. Taksiran penjualan pertahun adalah 1.000 unit dengan harga jual Rp 5.000.000 per unit. Taksiran biaya variabel per unit Rp 2.000.000 dan biaya tetap (tidak termasuk penyusutan) Rp 1.000.000.000 per tahun. Taksiran unit yang terjual, harga jual, biaya variabel dan biaya tetap diasumsikan tidak berubah setiap tahun. Pajak yang ditanggung 35 %, dan tingkat keuntungan yang dianggap layak adalah 18%.Dengan demikian taksiran kas masuk bersih per tahun adalah  sebagai berikut :

Tabel 2.1  Perhitungan kas masuk Bersih
Penghasilan penjualan                                                             Rp 5.000.000.000
Biaya-biaya :
            Variabel                                   Rp 2.000.000.000
            Tetap                                       Rp 1.000.000.000
Penyusutan                              Rp 1.000.000.000
                                                                                    Rp 4.000.000.000
Laba sebelum pajak                                                                 Rp 1.000.000.000
Pajak (35%)                                                                             Rp    350.000.000
Laba setelah pajak                                                                   Rp    650.000.000
Kas masuk bersih Rp 1.000.000.000+ Rp 650.000.000 = Rp 1.650.000.000


 
 










NPV investasi tersebut adalah :

NPV    = -5.000.000.000 + (1.650.000 x 3,127)
            = + Rp 160.000.000

Misalkan terjadi peningkatan biaya variabel sebesar 10 % maka biaya variabel akan menjadi Rp 2.200.000.000, apabila variabel lain tidak berubah maka kas masuk bersih akan menjadi  Rp 1.520.000.000 dengan demikian NPV = -Rp 247.000.000

Seandainya harga jual turun 10 % dan variabel-variabel lainnya tidak berubah maka kas masuk bersih akan menjadi Rp 1.325.000.000 per tahun dan NPV= -Rp 856.000.000. Sehingga nampak bahwa variabel harga jual lebih sensitif terhadap profitabilitas investasi.

Ini berarti perusahaan perlu menganalisis lebih seksama tentang prospek harga jual. Apakah di masa yang akan datang perubahan harga akan cukup besar? Jika ya apakah harga akan turun atau naik? Informasi tambahan perlu dicari untuk meminimumkan risiko. Analisis sensitivitas tetap menggunakan tingkat bunga yang telah disesuaikan dengan risiko dalam menaksir NPV investasi dengan tujuan tetap mengunakan expected cash flow dalam analisis. Analisis sensitivitas tidak bermaksud untuk menaksir probabilitas NPV mencapai nol  atau negatif

Kadang-kadang analisis sensitivitas dilakukan dengan membuat tiga taksiran untuk masing-masing variabel. Jika variabel yang kita analisis adalah penjualan, biaya variabel dan biaya tetap yang bersifat tunai maka variabel tersebut akan ditaksir untuk nilai optimis, diharapkan dan pesimis. Jika peluang optimis dan pesimis masing-masing adalah 5 %  maka nilai yang diharapkan mempunyai peluang sebesar 90 %. Jika kita mampu mendefinisikan taksiran optimis, yang diharapkan dan pesimis maka kita dapat menggunakan simulasi monte carlo dan tingkat bunga yang digunakan akan berubah menjadi tingkat keuntungan bebas risiko

Proyek  di bawah berbagai skenario
Apabila variabel yang digunakan menaksir arus kas saling berkaitan (misalnya penurunan harga jual akan mempengaruhi unit yang diharapkan terjual) maka lebih baik dilakukan analisis proyek dengan berbagai skenario.

Misalnya, para analis berpendapat pertumbuhan ekonomi dapat mencapai angka yang lebih tinggi tetapi akan diikuti dengan kenaikan harga minyak. Padahal proyek yang kita analisis merupakan investasi yang kemungkinan cukup peka terhadap pertumbuhan ekonomi dan harga minyak. Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi akan menyebabkan pendapatan dari penjualan yang lebih tinggi, tapi kenaikan harga minyak akan mningkatkan biaya variabel. Misalkan taksiran baru dengan skenario baru adalah sebagai berikut :


Tabel 2.2  Taksiran arus kas per tahun dengan skenario yang berbeda


Skenario semula
Pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dan harga minyak naik
1. Penghasilan
2. Biaya variabel
3. Biaya tetap tunai
4. Penyusutan
5. Laba sebelum pajak(1-2-3-4)
6. Pajak
7. Laba setelah pajak (5-6)
8. Kas bersih (4+7)
5.000.000.000
2.000.000.000
1.000.000.000
1.000.000.000
1.000.000.000
   350.000.000
   650.000.000
1.650.000.000
6.000.000.000
2.800.000.000
1.000.000.000
1.000.000.000
1.200.000.000
   420.000.000
   780.000.000
1.780.000.000
PV Kas masuk bersih
5.160.000.000
5.566.000.000
NPV
+160.000.000
+ 566.000.000

Apabila skenario tersebut diperkirakan akan terjadi maka NPV proyek diharapkan meningkat. Hal yang perlu diperhatikan dalam analisis tersebut dipergunakan tingkat bunga yang sama 18 %. Jika skenario tersebut diperkirakan akan meningkatkan inflasi maka tingkat bunga yang dipergunakan seharusnya lebih tinggi


Analisis pulang Pokok (break even) untuk NPV

Analisis ini bertujuan untuk mencari berapa unit minimum yang harus dihasilkan agar perusahaan tidak menderita rugi atau untuk menghitung berapa unit yang harus terjual setiap tahun, agar minimal NPV proyek tersebut akan sama dengan nol.

Dengan menggunakan contoh  PT WISTAWAN, maka pada tabel 2.3 kita cantumkan PV kas masuk dan PV kas keluar dengan r = 18 %, sehingga pada kolom terakhir kita bisa menghitung NPV untuk unit yang terjual. Satu unit yang terjual adalah 0 maka NPV = -5.938.000.000. Saat unit yang terjual mencapai 1.000 unit maka NPV = +160.000.000 Dengan demikian maka NPV = 0 tentu berada di antara unit terjual 0 dengan 1.000 dan lebih mendekati 1.000 unit.

Tabel 2.3  NPV untuk berbagai unit yang terjual setiap tahun ( dalam jutaan)

Unit yang terjual
Inflow
Pendapatan th 1-5
Outflow
PV Inflow
PV Outflow
NPV
Thn 0
Investasi
Thn 1-5
VC
FC
Pajak
0
1.000
0
5.000
5.000
5.000
0
2.000
1.000
1.000
-700
 350
0
15.636
  5.938
15.476
-5.938
+160

PV inflow dan PV Outflow untuk berbagai tingkat penjualan kita gambarkan pada gambar 2.1. Perpotongan PV Inflow dengan PV Outflow berada dekat dengan 1.000 unit. Ini berarti minimal unit yang terjual setiap tahun akan mendekati 1.000 unit apabila NPV diinginkan sama dengan nol.
PV Inflow dan Outflow
 


15.636                                                                     PV Inflow
15.476                                                                     PV Outflow

 




5.938

          0
                                                                                    Unit yang terjual
973                        1.000

Gambar 2.1 Gambar Break even untuk menghasilkan NPV = 0

Untuk mencari titik break even kita pergunakan persamaan umum
Y = a + bX
Dalam hal ini,
Y= PV Inflow atau Outflow
X = Kuantitas yang terjual
a =  Perpotongan dengan sumbu tegak
b = Kemiringan garis persamaan

Kita mulai dari persamaan PV Inflow
 a = 0
 b = 15.636/1.000 = 15,636


Dengan demikian maka persamaannya adalah,
Y = 15,636X

Sedangkan persamaan untuk PV Outflow adalah :
a = 5.938
b = (15.476-5.938) /1000  = 9,638

Dengan demikian maka persamaannya  adalah,
Y = 5.938 + 9,638X

Apabila kita selisihkan kedua persamaan tersebut maka diperoleh hasil
Y =              15,636X
Y = 5.938  + 9,638X
0 = -5.938 + 6,098X
X = 973 unit

Agar proyek dapat memberikan NPV  = 0 maka proyek tersebut harus dapat menjual minimal 973 unit per tahun. Apabila taksiran penjualan diharapkan sebesar 1.000 unit per tahun dan proyek memberikan NPV = 0 apabila penjualan mencapai 973. Dapat disimpulkan bahwa faktor penjualan merupakan faktor yang cukup kritis. Apabila unit yang terjual turun 2,7 % dari yang diharapkan (faktor lain tetap) maka proyek hanya memberikan NPV = 0 seberapa yakin kita mampu mencapai penjualan tersebut? Keyakinan manajemen akan menentrukan berani tidaknya proyek dilaksanakan.

Pendekatan Pohon Keputusan (Decision tree) untuk keputusan berurutan

Kadang-kadang suatu investasi menyangkut adanya keputusan yang berurutan. Apabila investasi itu cukup besar kadang-kadang kita harus mempertimbangkan untuk melaksanakan investasi yang bertahap ini belumtentu memberikan gambaran yang menguntungkan dibanding investaasi sekaligus yang cukup besar. Dalam investasi bertahap kita perlu melihat prospek di masa depan dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada.Keputusan memilih investasi yang bertahapatau investasi sekaligus dapat dipecahkan dengan pendekatan pohon keputusan (decision Tree Approach).
Pohon keputusan merupakan pengambaran secara grafis hubungan antara keputusan yang harus diambil sekarang dengan kemungkinan kejadian di masa depan serta segala akibatnya.Urutan Situasi digambarkan dalam bentuk cabang yang menyerupai cabang dari sebatang  pohon. Karenanya metode ini disebut sebagai pohon keputusan.

Langkah- langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
1.      Mengidentifikasi Alternatif Keputusan
Setiap rencana investasi akan memiliki paling tidak dua alternatif keputusan untuk dipilih alternatif yang paling baik. Misalnya perusahaan mempertimbangkan membangun pabrik baru untuk mengenalkan produk baru. Dalam hal pengenalan produk baru perusahaan mempunyai empat alternatif yaitu membangun pabrtik baru yang besar, sedang, kecil atau menyewa tempat.Kemudian di masa depan keputusan-keputusan tersebut kita sesuaikan dengan situasi. Bila situasi baik dan menguntungkan maka pabrik kecil (yang nyewa) dapat dibangun menjadi pabrik sedang atau besar. Masing-masing alternatif membawa  konsekuensi yang berdbeda.
2.      Menggambarkan Diagram Pohon Keputusan
3.      Memperhitungkan Cash Flow dari masing-masing alternatif Keputusan (Net Present Value)
4.      Memperhitungkan Expected Present Value dan hasil dari masing-masing alternatif keputusan

Bila proyeksi cash flow masing-masing cabang telah dihitung maka besarnya cash flow (expected cash flow) dari alternatif pohon keputusan dapat dihitung. Dengan demikian kita dapat tentukan alternatif yang paling baik.bagi rencana investasi tersebut yaitu yang memiliki expected net present value yang terbesar.

Contoh ;
Perusahaan merencanakan mengenalkan produk baru dengan pertimbangan dua alternatif cara pemasaran yaitu langsung di pasar nasional atau dipasarkan secara regional (beberapa propinsi saja) dan baru dua tahun lagi bila situasi mengijinkan akan diangkat cara pemasaran nasional. Pemasaran regional mempunyai konsekuensi investasi pabrik yang kecil dengan alat pemasaran yang sedikiut misalnya memerlukan biaya sebesar Rp 1.000.000. juta Bila situasi baik maka akan dilakukan pemasaran nasional dan akan memerlukan biaya ekspansi sebesar Rp 3.000.000 juta. Pemasaran secara nasional langsung memerlukan investasi mula-mula sebesar Rp 3.000.000 juta. Kedua proyek mempunyai umur ekonomis 8 tahun tanpa nilai residu. Discount rate ditentukan 4 % pertahun

Perkiraan cash folw selama umur proyek 8 tahun untuk masing-masing alternatif beserta NPV dengan tingkat diskonto 4 % per tahun terlihat dalam Tabel 2 .3

Tabel 2.3
Perkiraan aliran uang kas NPV dari alternatif dalam pohon keputusan
(dalam milyar)

Alternatif
Waktu(tahun)
NPV
0
1
2
3
4
5
6
7
8
Pms Regional
-Permint tinggi
-Permint sedang
-Permint redah
Pms Reg dilanjut Nas
-Reg tinggi - Nas tinggi
-Reg sedang- Nas sedang
-Reg tinggi - Nas sedang
-Reg tinggi - Nas rendah
-Reg sedang - Nas tinggi
-Reg sedang- Nas rendah
-Reg rendah- Nas tinggi
-Reg rendah- Nas sedang
-Reg redah - Nas rendah
Pms Nasional
-Tinggi
-Sedang
-Rendah


-1000
-1000
-1000

-1000
-1000
-1000
-1000
-1000
-1000
-1000
-1000
-1000

-3000
-3000
-3000

100
 0
100

100
0
0
100
0
0
100
100
100

300
0
300

-300
-150
0

-2700
-2850
-2700
-2700
-2850
-2850
-3000
-3000
-3000

-1000
-500
0

400
250
100

1200
600
700
200
1100
100
1000
500
0

1500
1000
500


500
350
200

1800
1100
1200
700
1700
600
1500
1000
500

200
1500
1000

400
250
100

2400
1700
1800
1300
2300
1700
2100
1500
900

1500
1000
500


300
200
100

1800
1200
1200
700
1700
700
1500
1000
500

1000
500
0

200
100
50

1200
600
700
200
1100
100
1000
500
0

700
100
100

100
50
0

800
400500
200
700100
600
300
0

300
100
100

947,4
136,2
-637,1

4096,6
932,6
1573,1
-704,1
3377,4
-1426,8
2411,2
519
-2307,5

4030,5
1151,6
-1727,3


Apabila dipasarkan secara nasional langsung maka terdapat tiga kemungkinan situasi yaitu :
  1. Permintaan akan tinggi dengan probabilitas 40 %
  2. Permintaan akan sedang dengan probabilitas 40 %
  3. Permintaan rendah dengan probabilitas 20 %

Sedang apabila dipasarkan secara regional mula-mula akan ada tiga kemungkinan terhadap permintaan  yaitu :
  1. Permintaan akan tinggi dengan probabilitas 50 %
  2. Permintaan akan sedang dengan probabilitas 30 %
  3. Permintaan rendah dengan probabilitas 20 %

Dalam hal pemasaran regional ditingkatkan menjadi nasional maka permintaan akan berubah.  Bila tetap regional tentu saja tidak akan merubahnya. Probabilitas dari perubahan permintaan itu bila ditingkatkan menjadi pemasaran nasional adalah sebagai berikut :
  1. Untuk alternatif permintaan tinggi tahap pertama akan terjadi alternatif permintaan tinggi dengan probabilitas 0,6 sedangkan probabilitas permintaan sedang 0,3 dan probabilitas permintaan rendah 0,1
  2. Untuk permintaan sedang pada tahap pertama akan terjadi alternatif permintaan tinggi dengan probabilitas 0,3 sedangkan probabilitas permintaan sedang 0,4 dan probabilitas permintaan rendah 0,3
  3. Untuk permintaan rendah pada tahap pertama akan terjadi alternatif permintaan tinggi dengan probabilitas 0,1 sedangkan probabilitas permintaan sedang 0,2 dan probabilitas permintaan rendah 0,7

Setelah semua dipertimbangkan maka kita mulai memperhitungkan pemilihan keputusan yang harus dilakukan.untuk melaksanakannya, kita harus menghitung Expected Net Present Value masing-masing cabang tersebut. Perhitungan dimulai dari ujung yang paling kanan menuju cabang yang lebih besar sampai pada pohon keputusan tersebut. Gambar pohon keptusan dapat dilihat dengan lebih jelas dengan melihat gambar 2.2 .

Perhitungannya  Expected Net Present Value  adalah sebagai berikut :
ENPV =
Dimana :
ENPV             = Expected Value dari distribusi kemungkinan net present value
NPVx   = Net Present Value dari net cash flow masing-masing alternatif
Px         = Probabilitas kejadian
Z          = Jumlah deretan

Jadi Net Present Value dari pemasaran secara regional pada tahap pertama dan dilanjutkan pemasaran secara nasional pada tahap kedua dengan permintaan tinggi

ENPVT = 0,6 (4096,9) + 0,3(1573,1) + 0,1 (-704,1)
              = 2.859,6 milyar

Permintaan sedang :

ENPVS = 0,3 (3377,4) + 0,4(932,6) + 0,3 (-1426,8)
             = 958,2 milyar

Permintaan rendah :

NPVR = 0,1 (2411,2) + 0,2(519) + 0,7 (-2307,5)
            = - 1270,02 milyar



 























`
`



ENPVS = -1.270,2
 
4030,5
 
 


Text Box: ENPV = 2.418.3

1151,6
 
-1727,3
 
 








GAMBAR 2.2.  Keputusan dengan Pohon Keputusan


Dari perhitungan NPV ini proyek pemasaran regional dapat dilanjutkan dengan pemasaran nasional pada tingkat permintaan tinggi sebab bila dilanjutkan pemasaran regional maka ENPV = 947,4 milyar lebih kecil ENPVT dari peningkatan menjadi pemasaran nasional sebesar 2.859,6  milyar. Demikian juga pada permintaan sedang, ENPVS bila ditingkatkan menjadi pemasaran nasional adalah 958.2 milyar lebih besar bila tetap dilanjutkan dengan pemasaran regional NPV 136,2 milyar

Untuk selanjutnya akan dipilih salah satu alternatif untuk melaksanakan proyek pemasaran nasional atau melaksanakan proyek pemasaran regional dahulu baru dilanjutkan tahap berikutnya.. Alternatif yang akan dipilih adalah yang menghasilkan expected NPV yang lebih besar.

Expected NPV proyek “pemasaran regional” dahulu ditingkatkan menjadi “pemasaran nasional”
ENPV = 0,5 (2.859,6) + 0,3 (958,2) + 0,2 (-1.270,02)
            = 1.463,26 milyar.

Expected NPV untuk proyek langsung “pemasaran nasional” =
ENPV = 0,4 (4,030,5) + 0,4 (1.151.6) + 0,2 (-1.727,3)
            = 2.418.3 milyar.

Namun, bila kita ingin mengetahui ketidak pastian alternatif tersebut kita perlu menghitung standar deviasi NPV masing-masing alternatif. Perhitungan expected NPV dan Standar deviasi NPV disajikan berikut ini.

Standar Deviasi Pemasaran Regional dilanjutkan nasional pada permintaan tinggi
σ2 NPV Pemasarn Regional dilanjutkan Nasional
= (0,5)(2859,6- 1328,26)2+ (0,3)(958.2-1328,26)2 +(0,2)(-1270.02-1328,26)2
2.545.572,29
σ NPV Pemasarn Regional dilanjutkan Nasional
= √2.545.572,29
=1.595,49 milyar

Sedangkan  Standar Deviasi Pemasaran Nasional
σ2 NPV Pemasarn Nasional
=0,4(4030,5-2418,3)2+0,4(1151,6-2418,3)2+0,2(-1727,3-2418,3)2
= 4.476.875,41
σ NPV Pemasarn Nasional  
=√ 4.476.875,41
= 2.115,86 milyar




Dari perhitungan expected NPV  dari dua alternatif tersebut dapat disimpulkan, bahwa kalau ingin expected NPV tinggi sebaiknya dilaksanakan proyek yang langsung dengan “pemasaran nasional” karena hasil expected NPV adalah 2.418.3 milyar  lebih besar dari expected NPV proyek “pemasaran regional” tahap pertama ditingkatkan dengan pemasaran nasional yaitu sebesar 1.463,26 milyar, Tetapi menghadapi resiko yang lebih besar. Jika ingin risiko kecil sebaiknya dilaksanakan proyek “pemasaran regional” tahap pertama ditingkatkan dengan pemasaran nasional  karena σ  lebih kecil yaitu 1.595,49 milyar dari pada σ langsung dengan “pemasaran nasional”  2.115,86  milyar. 

No comments:

Post a Comment